Rabu, 30 Desember 2009

PRINTER AND SET UP

Selasa, 29 Desember 2009

PRINTER

TUGAS

tugas TIk (printer) kelas x

SOAL:
  1. Jenis / model printer ?
  2. trik dan tips memilih printer yang bagus ?
  3. daftar harga printer ?
  4. cara install driver printer ?
  5. cara setting driver printer untuk berbagai jenis mere / model printer ?
  6. cara Set untuk jenis kertas untuk printer,posisi dan margin kertas ?
  7. cara mengatasi trouble shooting printer?
  8. cara mengatasi printer yang ngebling ?
  9. dampak negatif virus terhadap printer ?
  10. Bagaimana cara set-up ukuran inchi ke ukuran cm?
JAWABAN:

PRINTER

1.JENIS ATAU MODEL PRINTER


Teknologi Printer

Dari waktu ke waktu, teknologi printer terus berkembang sehingga mau tidak mau bagi seseorang yang selalu berhubungan dengan komputer dan peralatan lainnya harus terus mengikuti perkembangan tersebut. Printer dalam bahasa Indonesianya berarti pencetak (alat cetak). Istilah ‘printer’ saat ini sering digunakan untuk menyebut alat cetak yang terhubung dengan komputer. Untuk menghubungkan printer dengan komputer diperlukan sebuah kabel yang terhubung dari printer ke CPU komputer. Saat ini, merk produk printer yang sering digunakan diantaranya adalah Epson, Hewlett Packard (HP), Canon, Lexmark dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jelas tentang fungsi, jenis printer dan cara kerja printer, silahkan membaca kelanjutan artikel ini.

Fungsi printer

Printer adalah salah satu hardware (perangkat keras) yang terhubung ke komputer dan mempunyai fungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenis. Istilah yang dikenal pada resolusi printer disebut dpi (dot per inch). Maksudnya adalah banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inci. Semakin tinggi resolusinya maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan. Sebaliknya, jika resolusinya rendah maka hasil cetakan akan buruk / tidak bagus.

Jenis Printer

Printer Dot-Matrix

Printer Dot-Matrix adalah pencetak yang resolusi cetaknya masih sangat rendah. Selain itu ketika sedang mencetak, printer jenis ini suaranya cenderung keras serta kualitas untuk mencetak gambar kurang baik karena gambar yang tercetak akan terlihat seperti titik-titik yang saling berhubungan. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Tetapi saat ini printer ini masih banyak digunakan karena memang terkenal ‘bandel’ (awet). Kelebihan lainnya, pita printer dot-matrix jauh lebih murah dibandingkan dengan toner (tinta) untuk printer jenis inkjet dan laserjet.

InkJet Printer

Inkjet printer adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta untuk mencetak dan kualitas untuk mencetak gambar berwarna cukup bagus. Kecepatan mencetak jumlah halaman pada printer Inkjet tidak sama, tergantung pada jenis merk printer tersebut. Tetapi pada inkjet printer, hasil cetakan lebih lama keringnya jika dibandingkan dengan laser printer.

Laser Printer

Sebagian dari laser printer bentuknya mirip dengan mesin fotokopi. Daya cetaknya juga cukup banyak bisa mencapai lebih dari 10 lembar per menit. Kualitas hasil cetak laser printer pun sangat bagus, sehingga mirip sekali dengan aslinya. Selain itu hasil cetakan cepat kering. Tetapi harga printer ini cukup mahal.

2.TIPS ATAU TRIK MEMILIH PRINTER YANG BAGUS

JAWABAN:

Ada beberapa merk Printer Inkjet yang beredar di pasaran Indonesia, yaitu : Hp (Hewlett Packard), Canon, Epson, Brothers, dan Lexmarx. Pembahasan kali ini Saya ingin memberikan sedikit tips dalam memilih printer. Sebenarnya untuk memilih printer itu sangat mudah pilihlah printer yang sesuai dengan kebutuhan kita dan dana yang tersedia, akan tetapi tidak banyak calon pembeli mengetahui kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada printer.

Supaya tidak salah memilih printer terutama printer inkjet, berikut saya berikan perbandingan dari kelima merk printer :

HP :

  • Tinta Irit
  • Kualitas cetakan sebanding dengan canon
  • Cetakan cepat meski mode normal
  • Cartridge gampang rusak kalau salah dalam mengisi ulang sebaiknya berhati-hati
  • Suara Berisik

CANON :

  • Tinta irit
  • Kualitas hasil cetak lumayan dan untuk berwarna kurang dikarenakan masih 4800 pixel
  • Catridge banyak tersedia di pasaran
  • Paling gampang refill atau isi ulang apalagi modif
  • Harga catridge mahal
  • Catridge sering bermasalah alias cepat rusak
  • Kecepatan menurun seiring waktu pemakaian belum pasti penyebabnya

EPSON :

  • Garansi printhead s/d 2 tahun kalau menggunakan tinta original
  • Kualitas Photo 5760 Pixel
  • Modif paling gampang
  • Boros tinta disebabkan cleaning head pada waktu printer pertama start
  • Lambat dan berisik untuk tipe low end menggunakan mekanik As dan untuk tipe R tidak berisik
  • Cepat overload
  • Terlalu cepat berinovasi dengan catridge bervariasi sehingga catridge jarang tersedia
  • Catridge original nya mahal dan susah diisi ulang atau refill karena menggunakan chip

Brothers :

  • Hasil cetak bagus kualitas foto
  • Isi ulang mudah (catridge transparan)
  • Tidak Berisik sangat silent
  • Catridge susah didapat belum ada yang compatible kalaupun ada mahal
  • Tidak bisa di pasang infus ciss atau di modif

Lexmarx :

  • Hasil cetak bagus walaupun mode normal
  • Cepat tidak berisik
  • Harga murah meriah
  • Catridge mahal dan agak susah didapat
  • Catridge cepat rusak kalau diisi ulang atau refill
  • Catridge cepat buntu
  • Tidak bisa dimodif atau dipasang alat infus system CISS

- Kesimpulan pilihlah printer yang bisa dipasang alat infus CISS atau modif dan jangan salah memilih tempat modif printer carilah yang benar-benar ahli dan baik hati.

3.DAFTAR HARGA PRINTER

JAWABAN:

-Printer EPSON C90 Rp 675.000,-
- Printer EPSON T11 (Pengganti C90) Rp 575.000,-
- Printer EPSON CX 5500 Rp 1.040.000,-
- Printer EPSON R 230 Rp 1.790.000,-
- Printer EPSON R 290 Rp 2.030.000,-
- Printer EPSON 1390 ( A3 ) Rp 4.560.000,-
- Printer CANON IP 1300 Rp 425.000,-
- Printer CANON IP 1980 Rp 640.000,-
- Printer CANON MP 145 Rp 980.000,-
- Printer CANON IP 4500 Rp 1.550.000,-
- Printer HP DeskJet 2566 Rp 545.000,-
- Printer HP DeskJet F 2276 Rp 885.000,-
- Printer HP LaserJet 1006 Rp 1.150.000,-
- Printer HP OfficeJet 4355 Rp 1.320.000,-
- Printer HP LaserJet 1280 (A3) Rp 3.180.000,-

4.CARA INSTAL DRIVER PRINTER


Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer baik itu menggunakan CD Driver bawaan Printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.Berikut ini kita coba meng-install driver printer dengan driver yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver printer untuk Epson LX-800.

Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs
kemudian klik Add Printer
Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer, or a printer attached to another computer.

Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next
Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next.

Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next.

Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut.

Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish.

5.CARA SETTING PRINTER

Solusi cad yang dapat dilakukan adalah dengan mengikuti langkah dibawah
  1. Masuk ke layout kertas, kemudian tampilkan toolbar view port.
  2. Selanjutnya pada layout, buat garis yang sesuai dengan ukuran kertas, bila menggunakan kertas A3 berarti ukuran adalah 420x297mm. Lalu bikin garis memakai polygon pada tool bar viewport. Cara ini merupakan langkah membuat layout kertas gambar secara manual pada autocad.
  3. Setelah membuat layout kertas, secara otomatis gambar yang telah anda buat akan terlihat di dalam layout kertas tadi. Terus anda menentukan skala di toolbar lewat viewport menjadi 1 : 4000. Kemudian lakukan klik didalam kertas. Lalu coba anda cek ukuran garis agar dapat sesuai. Perlu diperhatikan bahwa saat ini, anda jangan mempergunakan perintah zoom. Karena jika pakai perintah zoom, ukuran sebelumnya dapat berubah.
  4. Kemudian coba anda lakukan PLOT, selanjutnya tentukan jenis printer yang digunakan. Lalu beri ukuran kertas A3, trus klik WINDOW, Klik pada sudut kanan atas dan lakukan klik pada sudut kirih bawah layout kertas gambar yang telah anda buat. Beri tanda pada kolom center. Kemudian set skala menjadi 1:1 karena skala 1:4000 telah anda buat sebelumnya.
  5. Langakah terakhir anda tinggal melakukan klik preview ketika sudah dianggap oke, lakukan klik kanan selanjutnya pilih plot.
Jika masih terjadi kesalahan, berarti kesalahan ada pada gmbar bukan di printer. Coba untuk memperhatikan printer preferences anda! kemudian lakukan pengecekan lagi dimana pada umumnya, jika telah membuat setting on scaled, Settingan printer preferences pun harus disamakan juga, dikarenakan default printer menyesuaikan dengan ukuran kertas gambar. Sementara ukuran kertas A3 ada ada bermacam-macam, sebab anda ingin mencetak gambar sesuai dengan skala, berarti anda harus ubah setting default preferences printer, ke ukuran skala, bukannya ukuran kertas. Coba anda gunakan tips diatas,
SEMOGA MEMBANTU dalam

Cara Setting Mini Printer Kasir tanpa driver @ mesin kasir

Mini Printer Kasir

Seringkali timbul pertanyaan bagaimana agar mini printer bisa di install di windows, kalau program dos sih nggak ada masalah karena biasanya tanpa driver , cukup command dari programmingnya saja. namun di windows kita kan harus install driver. Sebagian besar printer kasir ini sih sudah ada drivernya namun terkadang bagi beberapa orang justru membingungkan kalo install driver bawaannya printer

Ini adalah cara bagaimana kita bisa pakai printer tanpa menginstall driver bawaan printer.

Cukup masuk contral panel di windows lalu masu ke printer and fax dan add printer, pilihlah merek generic pada pemilihan merek printer yang mau di add, lalu pilih text only, udah selesai deh coba aja dengan test page printer, printer siap digunakan dah, cukup simple kan

6.CARA SET UP JENIS KERTAS






7.CARA MENGATASI TROUBLES HOOTING


Anda harus peka terhadap perangkat kompter. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menghadapi komputer lambat:

1. Spyware dan Virus merupakan salah satu penyebab pc lambat, karena yang paling mudah menyusupi dan banyak user yang berinteraksi dengannya (secara tidak langsung), spyware berasal dari banner-banner dan iklan-iklan di suatu halaman web yang mulai beraksi saat kita mengakses halaman/banner tersebut melalui sebuah browser yang memiliki celah keamanan yang tidak bagus, sehingga spyware ini sangat dekat dengan IE.
Beberapa cara untuk menghapus spyware:
1. Identifikasi dan analisa process yang sedang berjalan dengan windows task manager.
2. Identifikasi dan non aktifkan service yang bersangkutan melalui management console.
3. Identifikasi dan non aktifkan service yang ada di startup item dengan sistem configuration utilty.
4. Cari dan hapus entry di registry yang ada pada startup.
5. Identifikasi dan hapus file yang mencurigakan.
6. Install dan gunakan spyware detection dan removal.

2. Processor Overheating. Kebanyakan prosesor mudah menghasilkan panas, sehingga membutuhkan pendingin khusus dan jenis fan khusus, sehingga pada saat temperatur prosesor meningkat melampaui batas, sistem akan melambat dan proses akan berjalan lambat. Kipas prosesor yang gagal disebabkan karena :
1. Debu yang menghambat perputaran kipas secara smooth.
2. Fan motor rusak.
3. Bearing fan ada yang doll sehingga fan “jiggling”.
Jiggling adalah jika fan yang sedang berputar ada bunyi krek-krek secara cepat disebabkan bearing fan sudah mulai doll.

3. Ram yang buruk. Beberapa situasi dapat juga karena pengaruh ram yang buruk, hal ini
dikarenakan oleh:
1. RAM timing lebih lambat dari spesifikasi mesin yang optimal.
2. RAM yang memiliki nilai minor hanya bisa dilihat setelah melalui beberapa test.
3. RAM terlalu panas.

4. Harddisk yang fail. Jika harddisk sering mengalami failure, ini juga akan memperburuk performa komputer, dan jenis fail ini banyak penyebabnya, bisa sifatnya mekanis, elektronik, bahkan firmwarenya yang tidak update, harddisk ini akan menyebabkan:
1. Akses time yang lambat.
2. Jumlah bad sector yang terus meningkat saat di scandisk.
3. Ada bluescreen yang tidak terjelaskan.
4. Gagal Boot.

5. Bios Settings. Biasanya bios yang belum dicustom settingnya akan mengalami proses perlambatan beberapa detik, khususnya pada saat booting, untuk itu kita harus mengcustom bios setting agar performa kerja proses boot bisa dipercepat, secara umum settingan bios yang harus diperhatikan adalah:
1. Boot langsung ke harddisk.
2. Disable IDE drive yang tidak terpakai.
3. Set speed latency RAM.
4. Matikan IO/IRQ perangkat onboard yang tidak dipakai.
5. Gunakan Fast POST.

6. Disk type/controller compatibility. Biasanya motherboard sekarang sudah memiliki kontroler yang baik untuk paralel ATA disk, namun kita harus memperhatikan kabel IDE nya, karena kabel ini memiliki beberapa spesifikasi tertentu, ada yang udma 33, 66, dan 100, kalau kita lihat secara fisik, bentuk kabelnya memiliki serabut yang halus halus dan banyak, sedangkan yang udma 33 serabutnya sedikit, jadi gunakanlah kabel yang memiliki spesifikasi yang tinggi untuk disk kita.

7. Windows Services, beberapa service yang harus diperhatikan dan dimatikan jika kita tidak membutuhkanya adalah:
1. FTP 2. Indexing Service
2. Remote Registry
3. Telnet
4. Remote Access
5. Remote Desktop
6. Automatic Update

8. Process yang invisible. Terkadang, tanpa kita ketahui ada saja program yang berjalan
di memory, padahal kita sudah tidak menggunakannya lagi atau bahkan kita sudah menguninstallnya namun programnya masih ada yang berjalan, untuk itu kita harus memperhatikan process apa saja yang sedang berlangsung di komputer kita dengan melihat task manager, dan kita bisa end taskkan atau kill, lalu kita bisa hapus .exe nya.

9. Disk Fragmentation Sebagaimana karakteristik file dalam sebuah komputer pasti mengalami proses file tersebut di add, di edit, atau di hapus, hal tersebut dapat menyebabkan fragmentasi di beberapa areal sektor harddisk, untuk itu kita perlu merapikan data di komputer kita, yaitu dengan mendefragnya. jika kita menggunakan windows xp, kita bisa menggunakan defrag.exe dan meletakannya di schedule agar dapat berjalan pada waktu yang kita tentukan.

10. Background applications. Kalau kita perhatikan di systray saat kita klik arrow kirinya akan berderetlah icon yang banyak, semakin banyak icon yang terpasang di systray itu menyebabkan komputer semakin lambat merespons proses, karena memory banyak yang terpakai untuk proses itu, sehingga untuk itu kita perlu mematikannya atau menonaktifkan yang tidak diperlukan yaitu dengan mengakses registry:

8. CARA MENGATASI KOMPUTER YANG NGEBLINK

Lampu warna orange dan hijau hidup secara bergantian sebanyak 7 kali dengan spasi warna hijau, mengindikasikan bahwa waste counter sudah lebih dari 100%, ini adalah kondisi terakhir setelah peringatan operator call error dengan kode lampu orange berkedip tanpa diselingi warna hijau sebanyak8 kali atau sering disebut blinking

SERVICE MODE
Dalam keadaan error maka printer dalam kondisi sibuk dan tidak siap dilakukan inspeksi, langkah awal untuk inspeksi diharuskan memasukkan printer pada mode service dengan cara sebagai berikut:
1. Dalam kondisi printer mati dengan printhead catridge terpasang,
pada saat power off (tanpa listrik) tekan dan tahan tombol power (sebelah kiri) kemudian
berikan power (masukkan kabel listrik).
2. Dalam kondisi tombol power masih tertekan, tekanlah tombol resume
(sebelah kanan) 2 kali, kemudian lepaskan tombol power,
dan tunggulah beberapa saat setelah lampu tidak berkedip.
3. Setelah lampu tidak mengindikasikan adanya error
berarti printer siap untuk diinspeksi, apabila masih ada indikasi error lain
silahkan cek apakah printhead cartridge sudah terpasang,
atau cobalah cek indikasi kode error tersebut.

9.DAMPAK NEGATIF VIRUS TERHADAP PRINTER





10.CARA MENGUBAH SETUP UKURAN INCI KE UKURAN CM

PRINTER

JENIS ATAU MODEL PRINTER

Ada beberapa cara untuk menginstall driver printer baik itu menggunakan CD Driver bawaan Printer itu sendiri maupun driver default dari sistem operasi yang digunakan seperti windows.Berikut ini kita coba meng-install driver printer dengan driver yang sudah tersedia pada windows (bukan dari cd driver printer) yaitu driver printer untuk Epson LX-800.

Pertama-tama klik Start-Printers and Faxs
kemudian klik Add Printer
Setelah itu perhatikan tanda contreng atau tanda centang pada Local printer attached to this Computer, ini dipilih apabila kita menginstall driver untuk printer yang terpasang langsung (local) pada komputer kita dan bila menginstall driver printer yang berada pada komputer lain dalam jaringan maka berikan tanda centang pada A network printer, or a printer attached to another computer.

Pada praktek kita kali ini karena installasi driver lokal maka tidak usah diubah atau tetap pada pilihan Local printer attached to this Computer kemudian klik Next
Setelah klik Next maka kita dihadapkan pada pemilihan port yang digunakan untuk printer lokal yaitu LPT1 kemudian klik Next.

Pada jendela Install Printer Software, tentukan pilihan Jenis Printer yaitu "EPSON" yang berada pada jendela sebelah kiri dan Nama Printernya adalah "Epson LX-800" yang berada pada jendela sebelah kanan kemudian klik Next.Kemudian pada jendela Name Your Printer ketikan nama printer yang dikehendaki misalnya "Epson LX-800" selanjutnya tekan Next.

Langkah berikutnya menentukan apakah printer yang diinstall ini akan digunakan sendiri atau digunakan bersama dalam jaringan. Apabila digunakan sendiri maka pilih Do not share this printer dan apabila printer tersebut nantinya juga digunakan oleh komputer lain dalam jaringan maka harus pilih Share Name dan ketikan nama printer yang nantinya berfungsi untuk nama printer yang dapat dilihat dan di install pada komputer lain dalam jaringan tersebut.

Karena pada praktek kali ini tidak untuk printer jaringan maka pilih do not share this printer dan klik next untuk masuk pada jendela Print Test Page.Jika ingin melakukan print test page (printer akan melakukan pencetakan pertama kali secara otomatis) kaka pilih Yes dan jika tidak maka pilih No, setelah itu klik Next dan Finish.

Installasi driver printer sudah selesai selamat menggunakan printer untuk mencetak dokumen anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar